top of page
  • jessicaalexander0

Literature Comes to Life

Hello Kēpōers!


Siapa nih yang disini yang hobinya baca buku? Apakah Kēpōers tahu kalau beberapa buku yang sudah diterbitkan itu ada yang diadaptasikan menjadi sebuah film? Nah, mengadaptasikan buku menjadi film membuat sutradara film harus memiliki daya kreativitas sendiri untuk memasukkan part cerita dan dikembangkan menjadi film yang menarik tetapi tetap menjaga inti cerita yang ingin disampaikan. Penasaran ga sih buku apa saja yang diadaptasikan menjadi film? Tau aja, buku favorit kalian ada di list ini.


 

The Lord of the Rings

and

The Hobbit

Bagi Kēpōers pecinta film-film fantasi pasti sudah tidak asing lagi dengan film yang satu ini. Ya, apalagi kalau bukan “The Lord of the Rings” dan sequelnya, "The Hobbit". Film ini sering banget kita lihat dan dengar di saluran televisi ataupun perbincangan di media sosial. Series film yang berisikan empat film ini memuat sebuah cerita petualangan fantasi yang disutradarai oleh Peter Jackson. Film ini diangkat berdasarkan novel berjudul “The Lord of the Rings” dan juga "The Hobbit" yang ditulis oleh J. R. R. Tolkien.


Nah series ini terbagi menjadi 3 film. Film-film tersebut berjudul The Fellowship of the Ring (2001), The Two Towers (2002) dan The Return of the King (2003). Film ini mengangkat dongeng mitos dan fantasi, alur ceritanya berkaitan dengan penciptaan benua yang tidak diketahui secara pasti bernama Middle-Earth. Pada film ini juga penonton akan di bawa ke alam kuno segala kekuatan mistis di alam sadar seorang. Bahkan akan diantarkan pada sejarah mitologi, asal-usulnya, keanekaragaman makhluk, budaya, dan bahasanya. Pada film ini penonton akan dikenalkan dengan para Hobbit termasuk Frodo Baggins (Elijah Wood) yang tinggal bersama pamannya, Bilbo Baggins (Ian Holm). Frodo kemudian mendapatkan sebuah tugas untuk membawa cincin yang diwariskan oleh paman. Cincin itu berasal dari Sauron sang penguasa kegelapan yang sudah mati. Namun, ingin kembali hidup dengan bersatu dengan cincinya. Film-film tersebut didistribusikan oleh New Line Cinema.


Bagian terakhir Trilogi Lord Of the Rings : The Return of the King, arahan sutradara Peter Jackson, memborong piala Oscar. Ke-11 Oscar yang dinominasikan untuk film tersebut, berhasil disapu bersih. Termasuk diantaranya kategori bergengsi, film terbaik dan sutradara terbaik.




Little Women

Bagi kalian para remaja, mungkin akan suka nih dengan film yang satu ini. Film ini berjudul Little Women. Little Women adalah sebuah novel oleh pengarang Amerika Louisa May Alcott (1832–1888). Buku ini ditulis dan memiliki latar tempat di rumah keluarga Alcott, Orchard House di Concord, Massachusetts. Novel ini diterbitkan dalam dua volume pada tahun 1868 dan 1869.


Gretta Gerwig yang kita kenal lewat film Lady Bird, menulis ulang Little Women lalu dikelola dan ditampilkan ke layar lebar. Little Women bercerita tentang kehidupan sebuah keluarga di suatu kota yang bernama Massachusetts, selama masa perang sipil di Concord, Massachusetts. Terdiri dari 4 saudara, yaitu Meg, Jo, Beth, dan Amy March yang dibesarkan dalam kemiskinan sopan oleh Marmee, ibu yang mencintai mereka. Gerwig menambahkan sentuhan sederhana pada cerita dengan membayangkan bahwa Jo sebenarnya adalah penulis novel Little Women. Ini mengubah cerita menjadi satu tentang semangat dan pencapaian kreatif, dan dalam satu pukulan membuat klasik terasa segar tanpa mengkhianati sifat dasarnya. Film ini diganjar 3 nominasi Oscar tahun 2020 untuk Pemeran Utama Wanita (Winona Ryder), Tata Musik, dan Kostum Terbaik.


The Godfather

The Godfather adalah sebuah novel kriminal karya penulis Amerika bernama Mario Puzo. Awalnya diterbitkan pada tahun 1969 oleh G. P. Putnam's Sons, novel ini menceritakan secara rinci kisah keluarga Mafia yang bertempat di New York City dan Long Beach, New York, dikepalai sosok Vito Corleone. Dedikasi Puzo untuk karyanya The Godfather seperti "For Anthony Cleri". Novel ini mencakup tahun 1945 hingga 1955 dan menceritakan latar belakang Vito Corleone dari anak usia dini hingga dewasa. The Godfather ini sendiri memperkenalkan kata-kata dalam bahasa Italia seperti consigliere, caporegime, Cosa Nostra, dan omertà kepada audiens yang berbahasa Inggris.


The Godfather diangkat dari novel dan diangkat menjadi film kriminal Amerika pada tahun 1972, yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola dan diproduksi oleh Albert S. Ruddy dengan skenario oleh Mario Puzo dan Coppola. The Godfather merupakan film legendaris yang tak hanya berhasil menjadi film terbaik pada penghargaan Oscar 1972, tetapi juga menjadi film dengan penilaian tertinggi kedua di IMDb dengan perolehan rating 9.2/10. Berdasarkan novel kriminal Mario Puzo tahun 1969 dengan nama yang sama, karya agung sinematik Francis Ford Coppola, The Godfather (1972) mengisahkan keluarga fiksi Corleone dan kebangkitannya untuk menjadi salah satu keluarga mafia paling kuat di Amerika. Dibintangi oleh Marlon Brando sebagai Vito Corleone dan Al Pacino sebagai putranya Michael, The Godfather dipuji oleh para kritikus maupun penonton dan melahirkan sepasang sekuel: The Godfather II (1974) dan The Godfather III (1990).


The Maze Runner

Novel Maze Runner James Dashner mengisahkan Thomas dan teman-temannya saat mereka mencoba bertahan di dunia dystopian yang penuh liku-liku, membuat pembaca berdiri, dan perjalanan mereka di layar tidak berbeda. Dylan O'Brien mampu sepenuhnya memikat rasa urgensi dan tanggung jawab yang ditunjukkan Thomas saat dipaksa untuk menjalani ujian yang bahkan tidak dia sadari sedang dia hadapi. Mungkin ada beberapa perbedaan dari halaman ke layar, tetapi tema yang mendasari bahaya dan keinginan untuk melakukan apa saja untuk menyelamatkan orang yang Anda cintai tetap ada. Film yang disutradarai oleh Wes Ball memberikan kemenangan atas beberapa penghargaan diantaranya adalah MTV Movie Award, Public Choice Award, dll.


Harry Potter

Harry Potter adalah seri tujuh novel fantasi yang dikarang oleh penulis Inggris J. K. Rowling. Novel ini dirilis pada tanggal 29 Juni 1997 – 21 Juli 2007. Novel ini mengisahkan tentang petualangan seorang penyihir remaja bernama Harry Potter dan sahabatnya, Ronald Bilius Weasley dan Hermione Jean Granger, yang merupakan pelajar di Sekolah Sihir Hogwarts. Inti cerita dalam novel-novel ini berpusat pada upaya Harry untuk mengalahkan penyihir hitam jahat bernama Lord Voldemort, yang berambisi untuk menjadi makhluk abadi, menaklukkan dunia sihir, menguasai orang-orang non penyihir, dan membinasakan siapapun yang menghalangi jalannya, terutama Harry Potter. Novel yang diadaptasikan menjadi film memberikan pengalaman menonton yang menyerukan bagi penonton. Oleh karena serunya film fantasi ini, Harry Potter berhasil membawa JK Rowling menerima penghargaan dari Kerajaan Inggris. Rowling mendapatkan penghargaan prestisius bertajuk Companion of Honour.




Dilan 1990

Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990 adalah sebuah novel karya Pidi Baiq yang diterbitkan oleh Penerbit Pastel Books. Novel tersebut menjadi buku dengan penjualan terbaik di Gramedia, serta diadaptasi ke dalam sebuah film yang berjudul Dilan 1990. Menceritakan mengenai Milea (Vanesha Prescilla) bertemu dengan Dilan (Iqbaal Ramadhan) di sebuah SMA di Bandung. Itu adalah tahun 1990, saat Milea pindah dari Jakarta ke Bandung. Perkenalan yang tidak biasa kemudian membawa Milea mulai mengenal keunikan Dilan lebih jauh. Dilan yang pintar, baik hati dan romantis mencoba untuk mendekati Milea dengan segala upaya dan caranya sendiri. Film ini berhasil mendapatkan beberapa penghargaan, diantaranya adalah Indonesia Movie Actor Awards untuk Film Terfavorit (2018), Indonesian Choice Award untuk Movie of the Year (2018), Indonesian Movie Actors Award untuk Pemeran Pasangan Terfavorit (2018), Indonesian Movie Actors Award for Favorite Newcomer Actor/Actress (2018), dan Piala Tuti Indra Malaon untuk Aktris Pendatang Baru Terpilih (2019).




















Habibie & Ainun

Habibie & Ainun adalah buku karya Bacharuddin Jusuf Habibie yang diterbitkan tahun 2010. Buku ini berisi tentang kehidupan Habibie dan istrinya, Ainun. Buku ini diluncurkan pada tanggal 30 November 2010 di Jakarta. Menceritakan berbagai kisah cinta menarik antara Pak Habibie dan Ibu Ainun. Mulai dari perjumpaan keduanya yang menjadi awal segalanya, keseharian dalam mengarungi bahtera rumah tangga hingga kejadian memilukan tatkala sang takdir Ilahi memisahkan keduanya. Selain itu para pembaca juga akan menemukan beberapa untaian doa dan puisi cinta yang pernah ditulis keduanya. Buku ini direalisasikan menjadi sebuah film yang dirilis pada tanggal 20 Desember 2012. Film ini dibintangi oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari. Pada peluncurannya, film ini disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, didampingi oleh Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke-16, Joko Widodo, dan oleh tokoh utama film ini sendiri, Presiden Republik Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie. Film yang mengharukan ini mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya Citra Award for Best Actor, Citra Award for Best Screenplay, Citra Award for Best Costume Designer, dan Bandung Film Festival for Commendable Film Main Actor.


Laskar Pelangi

Laskar Pelangi merupakan novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2005 oleh penerbit Bentang Pustaka, Yogyakarta. Novel tersebut merupakan buku pertama dari tetralogi Laskar Pelangi. Ketiga novel berikutnya adalah Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. Selama dua tahun sejak penerbitannya, September 2005-November 2007, Laskar Pelangi telah mengalami cetak ulang hingga empat belas kali. Novel tersebut mampu menarik perhatian dan banyak mendapat pujian, bahkan novel tersebut mencapai best seller di Indonesia dan Malaysia.


Laskar Pelangi diadaptasikan menjadi film yang digarap sutradara Riri Riza yang dirilis pada 26 September 2008. Film ini bercerita tentang suka, duka, harapan, cita-cita, kebodohan, kepintaran, dan kekonyolan yang dialami anggota Laskar Pelangi selama sekolah. Pengalaman-pengalaman tersebut mengandung kisah yang inspiratif tentang perjuangan dan keberhasilan luar biasa anak-anak daerah (Provinsi Bangka-Belitung sekarang) dalam bidang pendidikan. Mereka mampu melahirkan semangat serta kreativitas yang mencengangkan. Novel tersebut ditulis dengan semangat bersama untuk bertahan dan mengobarkan semangat mereka yang selalu dirundung kesulitan dalam menempuh pendidikan. Novel tersebut tidak mengajak kita menangisi kemiskinan, tetapi mengajak kita memandang kemiskinan dengan cara lain.


Sejak dibuat tahun 2008, Laskar Pelangi telah meraih penghargaan internasional antara lain The Golden Butterfly Award untuk kategori film terbaik di International Festival of Films for Children and Young Adults di Hamedan, Iran. Laskar Pelangi masuk nominasi kategori film terbaik di Berlin International Film Festival 2009, pada Asian Film 2009 di Hong Kong, dan editor filmnya, yaitu W. Ichwandiardono menjadi nominator untuk kategori editor terbaik.



Nanti Kita Cerita Tentang

Hari Ini

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini atau NKCTHI adalah sebuah novel flash fiction karya Marchella FP yang diterbitkan pada 2018. NKCTHI merupakan kumpulan tulisan yang merefleksikan pengalaman personal banyak orang. Marchella menghimpun ribuan cerita dari berbagai sudut pandang. Novel ini bercerita mengenai keluarga yang memiliki rahasia. Angkasa, Aurora dan Awan adalah kakak beradik yang hidup dalam keluarga yang tampak bahagia. Setelah mengalami kegagalan besar pertamanya, Awan berkenalan dengan Kale, seorang cowok eksentrik yang memberikan Awan pengalaman hidup baru, tentang patah, bangun, jatuh, tumbuh, hilang dan semua ketakutan manusia pada umumnya.


Novel tersebut diadaptasi ke dalam film berjudul sama. Film yang disutradarai oleh Angga Dwimas berhasil mengaduk emosi penonton Tanah Air. Pesan-pesan menyentuh di dalam buku ini kemudian dijadikan sebuah skenario berwujud cerita utuh. Rio Dewanto, Sheila Dara Aisha, Rachel Amanda, Susan Bachtiar, hingga Okan Antara dijadikan pemain dalam film ini. Film berjudul Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) berhasil meraih penghargaan dari Festival Film Internasional Shanghai ke-23. NKCTHI mendapatkan Golden Goblet Award bersama sembilan film lainnya dari berbagai negara.



5 Cm

5 cm adalah novel karya Donny Dhirgantoro pada tahun 2005 yang diterbitkan oleh Grasindo. Novel ini menceritakan tentang perjalanan 5 sahabat yakni Arial, Riani, Zafran, Ian dan Genta. Novel ini mengajarkan tentang harapan, impian, tekad, cinta dan persahabatan. Novel ini mencetak rekor Bestseller book di Gramedia Bookstore selama 2 tahun berturut-turut.

Pada tahun 2012, cerita novel ini diadaptasi menjadi sebuah film garapan sutradara Rizal Mantovani dengan judul yang sama. Dibintangi sederet aktor dan aktris papan atas Indonesia seperti, Fedi Nuril, Herjunot Ali, Igor Saykoji, Denny Sumargo, Raline Shah dan Pevita Pearce. Film ini sukses merajai box office selama penayangannya di bioskop pada 2012 dengan jumlah penonton mencapai angka 2,5 juta orang. Film 5 cm menceritakan tentang 5 sahabat karib yang sedang mencoba menguji ikatan persahabatan mereka dengan mendaki puncak Semeru bersama-sama. Penasaran nggak sih kelanjutan kisah mereka dalam menaklukan Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu? Kalian bisa nonton di layanan streaming netflix, lho.



 

Penulis : Kezia Zefanya

Editor : Jolin Lau


Sumber :

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2021. "Laskar Pelangi (2005)". http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Laskar_Pelangi

Irwansyah, Ade. 2018. "(REVIEW BUKU) Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini: Petuah Ibu untuk Anaknya". https://www.google.co.id/amp/s/www.gramedia.com/blog/review-buku-nkcthi-nanti-kita-cerita-tentang-hari-ini-marchella-fp/amp/

Pemita, Desika. 2017. "Jangan Mengaku Fans Harry Potter Sebelum Tahu 6 Fakta Ini". https://m.liputan6.com/showbiz/read/2836194/jangan-mengaku-fans-harry-potter-sebelum-tahu-6-fakta-ini

Thomas, William. 2020. "The 15 Best Book-To-Movie Adaptations" https://www.google.co.id/amp/s/www.empireonline.com/amp/shopping/movies/best-movie-books/

Wikipedia. 2020. "Bird Box (film)". https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bird_Box_(film)


Sumber Gambar :









23 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


Untitled287_20220807093439.png
Untitled39_20220817214548.png
Untitled39_20220817215648.png
Untitled287_20220807093439.png
Untitled39_20220817214627.png
Untitled39_20220817215634.png
Untitled39_20220817215538.png
Untitled39_20220817215417.png
Untitled39_20220817214528.png
Untitled39_20220817214627.png
Untitled39_20220817214548.png
Untitled39_20220817215417.png
Untitled39_20220817214528.png
Untitled39_20220817214627.png
Untitled287_20220807093439.png
Untitled39_20220817214548.png
Untitled39_20220817214528.png
Untitled39_20220817215417.png
Untitled39_20220817214627.png
Untitled39_20220817215620.png
Untitled39_20220817215634.png
Untitled39_20220817215648.png
Untitled39_20220817215538.png
Untitled287_20220807093439.png
Untitled39_20220817215634.png
Untitled39_20220817215648.png
Untitled39_20220817215648.png
Untitled39_20220817215634.png
Untitled39_20220817215620.png
Untitled287_20220807093439.png
Untitled39_20220817215620.png
bottom of page